Minggu, Desember 20, 2009

Ponsel Timbulkan Keracunan Merkuri

Semakin panjang daftar bahaya ponsel terhadap kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Shiraz University of Medical Sciences Iran, ponsel bisa memicu pelepasan merkuri dari gigi dan menimbulkan keracunan.
Penelitian ini mendapati, radiasi MRI dan microwave dari ponsel secara signifikan meningkatkan pelepasan merkuri dari gigi. Meskipun jumlah merkuri yang dilepaskan dari gigi tidak cukup mengakibatkan keracunan pada manusia, keracunan akibat terpapar mercury (Hg) masih menjadi perdebatan di sejumlah negara.
Belum ada bukti, lepasnya mercuri dari gigi dapat menyebabkan masalah kesehatan pada sejumlah besar populasi. Namun efeknya pada beberapa kelompok populasi termasuk wanita hamil, anak kecil, orang lanjut usia serta orang yang tidak tahan terhadap merkuri tidak benar-benar aman.
Kurangnya radiasi ionisasi dan rendahnya energi yang digunakan menjadikan persepsi publik, ponsel aman digunakan. Padahal ponsel seperti gelombang RF, medan listrik statis, medan listrik gradien, secara biologis mempengaruhi manusia dan mungkin menimbulkan masalah pada beberapa orang.
Penggunaan ponsel terbukti secara signifikan menambah jumlah merkuri yang keluar dari urine setelah menggunakan ponsel. Hasil ini sejalan dengan penemuan terlepasnya merkuri dari gigi bagi pekerja yang melakukan pengelasan di bawah laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar